Hindari Kebiasaan Ini Agar Baterai HP Awet

01 Feb 2022 09:24 70

Canggihnya smartphone menuntut pengetahuan kita sebagai pengguna yang harus up to date. Jika Anda menggunakan HP dengan cara yang sama dengan menggunakan HP jadul, maka kamu telah melakukan hal yang keliru. Contohnya saat mengisi baterai, kebanyakan orang akan menerapkan cara lama dan tidak memperhatikan kesehatan baterai. Berikut kebiasaan yang harus Anda tinggalkan jika ingin baterai HP awet.

 

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Termudah Di HP Android 

 

  • Mengisi Daya Saat Baterai Kosong

Seperti dikutip dari situs Battery University, kesalahan paling umum saat mengisi daya ponsel adalah mengisi daya saat baterai smartphone habis yaitu saat 0%. Jika kebiasaan ini sering Anda lakukan, baterai akan semakin boros bahkan bisa rusak permanen.

Membiarkan baterai kosong akan membuat ion lithium dalam baterai menguap dan rentan rusak. Ion lithium yang terjaga akan membuat baterai HP awet.

 

  • Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Power bank adalah salah satu hal yang sangat membantu mengisi daya ponsel dimanapun. Kelebihannya adalah nyaman, bisa dibawa kemana-mana dan dapat digunakan dalam keadaan darurat. Namun, jangan  terlalu sering menggunakannya. 

Ada perbedaan tegangan antara power bank yang dapat merusak dan menggembungkan baterai beberapa HP. Sering menggunakan power bank juga dapat merusak kartu SIM.

 

  • Waktu Ngecas Berlebihan

Apa Anda sering membiarkan HP dicas semalaman atau membiarkannya saja walaupun sudah penuh? Ini bisa jadi penyebab baterai HP boros. Mengutip dari PCMag, membiarkan charger terhubung saat baterai penuh dapat merusak HP Anda. 

HP sekarang kebanyakan memiliki fitur pemutus pengisian saat baterai penuh. Namun, persoalannya bukan karena daya yang berlebihan di dalam baterai, tetapi karena panas dari listrik akan mengalir ke baterai.

 

  • Ngecas Menggunakan Casing HP

Kebiasaan yang biasa dilakukan orang selanjutnya adalah tidak melepas casing HP saat mengisi daya. Dengan kata lain, bagian bawah ponsel termasuk pangkal baterai, tertahan oleh lapisan casing yang cepat memanas.

Pengisian daya akan meningkatkan suhu ponsel, termasuk suhu baterai. Mulai sekarang, lepaslah casing HP sebelum mengisi daya.

 

  • Memakai Charger Tidak Resmi

Sebenarnya tidak apa-apa menggunakan charger HP yang tidak resmi bawaan dari awal membeli. Namun, Anda harus memilihnya saat memilihnya. Beberapa charger yang tidak asli sudah memenuhi standar keamanan untuk digunakan. Namun, banyak juga yang tidak memenuhi standar. 

Jangan hanya melihat harga yang murah, lihat kabel dan adaptor yang sesuai dengan HP Anda. Beberapa charger ada yang mengalirkan listrik terlalu rendah dan ada yang terlalu tinggi. Efek ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada beberapa komponen HP.

 

Itulah kebiasaan sepele yang sering diabaikan oleh pengguna smartphone. Tanpa disadari, hal tersebut dapat memperpendek umur baterai bahkan ponsel. Tinggalkan kebiasaan buruk di atas agar baterai HP awet.